Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Data dan Pertanyaan Tersisa dari Penerbangan MH370 Malaysia Airlines

Kompas.com - 25/03/2014, 00:24 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com — Selama 17 hari, upaya pencarian penerbangan MH370 milik Malaysia Airlines yang hilang sejak Sabtu (8/3/2014) mengalami pasang surut. Senin (24/3/2014), pencarian itu berujung dengan kabar duka.

Berikut ini data dan pertanyaan atas insiden penerbangan tersebut:

Data yang ada:
1. Pesawat kecelakaan
Perdana Menteri Malaysia Najib Razak, berdasarkan data satelit, menyatakan bahwa penerbangan berakhir di Samudra Hindia Selatan, di kawasan terpencil yang jauh dari kemungkinan tempat pendaratan.

2. Posisi terakhir
Data dari satelit milik perusahaan Inggris memakai metode analisis yang belum pernah digunakan sebelumnya, menunjukkan perjalanan pesawat berakhir di tengah-tengah lautan di sebelah barat Perth, Australia.

3. Tak ada korban selamat
Najib mengatakan, hanya ada sedikit keraguan bahwa 239 orang yang ada di pesawat itu meninggal.

Pertanyaan yang tertinggal adalah:

1. Ada apa, siapa pelaku, dan bagaimana caranya?

Pemerintah Malaysia tak mengesampingkan segala kemungkinan penjelasan tentang apa yang terjadi pada penerbangan tersebut. Sejauh ini, data hanya menunjukkan dugaan bahwa pesawat telah dengan sengaja berbalik arah dari rute seharusnya menuju Beijing China setelah lepas landas dari Kuala Lumpur, Malaysia. Sejauh ini pula, informasi mengatakan, pesawat tersebut berbalik arah bersamaan dengan matinya semua perangkat komunikasi.

Di luar informasi di atas, tak ada yang tahu pasti apa yang terjadi pada penerbangan itu, siapa yang bertanggung jawab, dan bagaimana sampai pesawat berakhir di Samudra Hindia. Otoritas penyidik atas kecelakaan ini mempertimbangkan segala kemungkinan, termasuk pembajakan, sabotase, terorisme, hingga masalah kesehatan mental pilot atau seseorang di atas pesawat.

2. Puing di lautan

Najib tak menjawab apakah para penyidik telah memastikan puing yang terdeteksi oleh satelit dari beberapa negara memang terkait dengan penerbangan MH370 yang hilang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com