Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PM Australia "Blusukan" ke Pedesaan yang Kekeringan

Kompas.com - 17/02/2014, 16:57 WIB

CANBERRA, KOMPAS.com — Perdana Menteri Australia Tony Abbott melakukan "blusukan" ke daerah-daerah pertanian yang terdampak kemarau panjang. Kunjungan kerja itu dilakukan untuk mendengar masukan petani itu dimulai akhir pekan lalu dan berlanjut hingga Senin (17/2/2014).

Ia memulai blusukan di daerah peternakan Jandra, di kota kecil Bourke, di negara bagian New South Wales (NSW). Uniknya, dalam kunjungan itu, daerah yang sudah lama kering tiba-tiba diterpa hujan deras. Di kota itu, PM Abott menjadi tamu peternak Phillip dan Di Ridge.

Menurut Phillip, situasi keuangan petani Australia dewasa ini sangat mengkhawatirkan. Ia menyatakan perlunya menata kembali sistem perbankan agar bisa membantu para petani.

Pada Senin, PM Abbott melanjutkan kunjungan ke Broken Hill, NSW, dan para petani di sana meminta bantuan pemerintah bagi kelangsungan usaha mereka.

PM Abbott dan Menteri Pertanian Barnaby Joyce bertemu dengan hampir 100 peternak di peternakan Mt Gipps, dan mendengar langsung bagaimana dampak musim kemarau atas usaha peternakan mereka.

Salah seorang petani, Anita O'Connor, mengatakan, subsidi berbunga rendah akan sangat membantu mereka. "Bantuan itu akan sangat menolong bagi kami untuk melanjutkan usaha ini," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com