Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yunani Diguncang Gempa, Jalan dan Dermaga Rusak

Kompas.com - 03/02/2014, 14:10 WIB
ATHENA, KOMPAS.com — Sebuah gempa bumi berkekuatan 6,1 skala Richter terjadi di dekat Pulau Cephalonia, Yunani, di Laut Ionia, Senin (3/2/2014).

Gempa itu terjadi pada pukul 03.08 GMT dini hari atau pukul 10.08 WIB dengan episentrum hanya 12 kilometer dari kota Lixourion, 300 kilometer sebelah barat ibu kota Athena. Demikian Badan Survei Geologi AS (USGS).

Kepolisian setempat dan layanan pertolongan darurat mengatakan sejauh ini belum diperoleh laporan soal korban jiwa akibat gempa tersebut.

Namun, guncangan gempa merusak jalan raya dan sejumlah bangunan, termasuk dermaga di pulau berpenduduk 35.000 jiwa itu. Seorang staf rumah sakit setempat kepada sebuah televisi lokal mengatakan, empat orang warga sempat dirawat karena luka ringan.

"Kami harus menunggu untuk memperoleh gambaran pasti dampak gempa ini. Warga berhamburan ke jalanan, tetapi secara umum mereka sangat tenang," kata Wali Kota Cephanolia, Alexandris Parisis.

Salah seorang penduduk yang tinggal di sebuah desa di sebelah utara kota Lixourion kepada stasiun televisi Skai mengatakan gempa mengakibatkan pasokan listrik dan air bersih ke desa itu terputus.

Sebelumnya, Cephalonia sudah pernah diguncang sejumlah gempa. Salah satunya terjadi pada Agustus 1953 yang menghancurkan hampir semua rumah penduduk pulau itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com