Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga AS Makin Enggan Aborsi

Kompas.com - 03/02/2014, 12:41 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Meski terbilang legal, upaya pengguguran kandungan di Amerika AS menurut hitung-hitungan Institut Guttmacher makin susut angkanya. Institut itu sendiri adalah salah satu pendukung aborsi legal, tulis AP  pada Senin (3/2/2014).


Catatan termutakhir lembaga itu mengatakan kalau pada 2011, tercatat ada 1,06 juta aborsi. Sementara, pada 2008 silam, angkanya berada di posisi 1,2 juta.

Masih pada 2011, pada perempuan kelompok umur 15-44 tahun, terjadi 16,9 pengguguran kandungan per seribu perempuan. Sementara, pada sepanjang 1981, angka aborsi berada di puncak yakni 29,3 per seribu perempuan kelompok usia tersebut.

Catatan lembaga itu pada 1973 menunjukkan kalau ada 16,3 aborsi per seribu perempuan berusia 15-44 tahun. Angka ini adalah terendah menurut perhitungan lembaga tersebut.

Sementara itu, menurut Institut Guttmacher sebagaimana catatan peneliti seniornya, Rachel Jones, rerata aborsi tertinggi terjadi di New York, Maryland, Distrik Columbia, Delaware, dan New Jersey. Lalu, rerata terendah ada di Wyoming, Mississippi, South Dakota, Kentucky, dan Missouri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com