Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hanyut Lima Hari, 51 TKI Kelaparan di Perairan Malaysia

Kompas.com - 05/01/2014, 12:34 WIB
KUALA LUMPUR, Kompas.com — Sebanyak 51 pendatang ilegal asal Indonesia ditemukan polisi perairan Malaysia (APMM) dalam keadaan kelaparan di perairan Lumut, Perak, akibat kapal yang mereka tumpangi mengalami kerusakan mesin dan hanyut selama lima hari.

Kapal tersebut diduga dalam perjalanan untuk menyelundupkan para TKI tersebut ke luar perairan Malaysia pada Sabtu (28/12/2013). Demikian dilaporkan media lokal di Kuala Lumpur.

Kapal yang membawa 34 lelaki, 14 wanita, dan tiga anak-anak termasuk seorang bayi berusia dua bulan itu ditemukan sekitar 6,2 mil laut dari barat laut Pulau Pangkor pada Jumat (3/1/2014) pukul 18.00 waktu setempat.

Pejabat Maritim Daerah 3 Lumut, Kapten Maritim Abdul Razak Johan, mengatakan, kapal yang tidak mempunyai nomor pendaftaran itu diduga mengalami kerusakan mesin ketika dalam perjalanan membawa keluar para pendatang ilegal itu dari Klang ke Tanjung Balai, Medan, Sumatera Utara.

"Kapal itu diduga hanyut selama lima hari. Ketika ditemukan, mereka berada dalam keadaan lemas karena terpaksa mengarungi cuaca buruk sepanjang berada di lautan tanpa bekal makanan," katanya.

Para pendatang ilegal tersebut kemudian dipindahkan ke kapal APMM KM Tugau dan mereka diberi makanan, minuman, serta obat-obatan. Mereka kemungkinan akan menjadi tenaga kerja Indonesia (TKI) di Malaysia.

Mereka kemudian dibawa ke dermaga Kastam Kampung Aceh untuk pengusutan lebih lanjut atas kesalahan mencoba keluar dari Malaysia secara tidak sah. (Ant/pro)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com