Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penulis Danielle Steel Raih Penghargaan dari Pemerintah Perancis

Kompas.com - 01/01/2014, 22:25 WIB

PARIS, KOMPAS.com - Penulis AS, Danielle Steel mendapatkan penghargaan tertinggi dari Pemerintah perancis, Legion d'honneur, bertepatan pada tahun baru, Rabu (1/1/2014).

Steel adalah warga dari luar Perancis yang menerima penghargaan tersebut. Sebelumnya, hal serupa juga diterima oleh penyanyi Bono dan Bob Dylan, maupun penulis Philip Roth yang mendapatkan penghargaan Ordre National de la Legion d'honneur. Para penerima penghargaan tersebut dinilai telah memberi kontribusi bagi Perancis dan bekerja sesuai idealismenya.

Perancis selalu mengumumkan penghargaan itu setiap tanggal 1 Januari tiap tahunnya. Jadwal lainnya adalah pada saat perayaan Paskah dan pada 14 Juli saat peringatan hari nasional negara tersebut.

Dimulai sejak Napoleon berkuasa pada 1802, penghargaan tersebut sebenarnya secara formal tidak ditujukan bagi warga di luar Perancis. Namun, warga asing yang mendapat penghargaan bisa mendapatkan medali atau simbol anggota legiun tersebut.

Steel mendapatkan penghargaan tersebut karena telah berhasil menjual buku hingga 600 juta eksemplar pada 70 negara dan diterjemahkan ke dalam 43 bahasa. Atas pencapaian tersebut, penulis ini menduduki posisi sebagai "Chevalier", atau rangking terendah dalam anggota legiun.

Pada 2002, dia pernah mendapatkan penghargaan Order of Arts and Letters, sebuah penghargaan tertinggi kebudayaan Perancis

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com