Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Incar Turis Mancanegara, Malaysia Terapkan VoA untuk Pelancong India dan China

Kompas.com - 10/12/2013, 15:35 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Malaysia mencanangkan program pariwisata Visit Malaysia 2014. Berangkat dari kenyataan itu, Pemerintah Malaysia menerapkan visa kedatangan atau visa on arrival (VoA) bagi pelancong asal India dan China. Sebelumnya, gara-gara tersandung pelanggaran visa dari pendatang asal kedua negara itu, Malaysia memilih tidak mengeluarkan visa tersebut.

Menurut warta Bernama pada Selasa (10/12/2013), Menteri Dalam Negeri Malaysia Ahmad Zahid Hamidi mengatakan kalau VoA bagi turis asal India dan China itu pun bersyarat. "VoA akan diberikan kalau para pelancong itu datang dari negara ketiga, bukan datang langsung ke Malaysia," katanya di Kuala Lumpur.

Kebijakan VoA diterapkan Malaysia sejak 2010. Ada delapan negara yang mendapat kebijakan itu, termasuk India dan China.

Ihwal pelanggaran visa tersebut, Pemerintah Malaysia merilis data termutakhirnya dari Divisi Imigrasi. Data itu menunjukkan ada 39.000 warga negara India dan 6.000 warga negara China yang terbukti tinggal di Malaysia melebih batas waktu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com