Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seoul Tuan Rumah G-20

Kompas.com - 18/11/2013, 15:53 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com -Seoul, ibu kota Korea Selatan menjadi tuan rumah pertemuan negara-negara G-20. Topik pembicaraan masih seputar perekonomian global. Menurut warta AP  pada Senin (18/11/2013), agenda pertemuan itu pada 18 Desember 2013 selama dua hari. Untuk pertemuan tersebut, para menteri sektor perekonomian G-20 akan hadir. Pihak tuan rumah akan berkoordinasi dengan Australia. Pasalnya, Australia menjadi ketua G-20 mulai tahun depan.

Sementara itu, sejak 15 Desember 2013, sudah dihelat konferensi resmi terkait Hari H pertemuan. Hadir dalam pertemuan itu adalah para deputi menteri keuangan dan wakil gubernur bank negara-negara G-20.

Secara khusus, pada 15 Desember 2013, deputi menteri keuangan dari Rusia, Australia, Turki, India, Kanada, dan Indonesia bakal bergabung. Dalam kesempatan itu juga, hadir perwakilan organisasi internasional semisal Dana Moneter Indonesia (IMF), dan Bank Pembangunan Asia berikut pakar-pakar investasi.

Titik perhatian pembicaraan menjadi penting lantaran Bank Sentral AS bakal melanjutkan kebijakan pemotongan stimulus sampai dengan akhir Maret 2013. Kebijakan itu sempat mencemaskan keuangan global.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com