Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benigno Aquino: Saya Bukan Pencuri!

Kompas.com - 31/10/2013, 04:21 WIB
Pieter P Gero

Penulis

MANILA, KOMPAS.com — Presiden Filipina Benigno Aquino, di depan televisi nasional pada Rabu (30/10/2013), menegaskan bahwa dia bukan pencuri. Pernyataan ini merupakan sanggahan atas upaya oposisi yang mengangkat kasus korupsi dalam pemerintahan Aquino.

Kantor berita AFP melaporkan, Aguino mempertahankan anggaran belanja jutaan dollar AS yang dia klaim dikelola dengan baik. Dia mengecam upaya dan tudingan oposisi yang menuding pemerintahannya sangat korup.

Aquino balik menuding upaya oposisi ini merupakan pengalihan isu dari skandal korupsi yang mengguncang kubu oposisi. "Masalahnya bahwa ada pencuri. Saya tidak mencuri. Siapa yang melontarkan tuduhan korupsi justru yang dicurigai," kata dia.

Tepilih mutlak dalam Pemilu 2010, Aquino menjalankan program antikorupsi di negara itu. Dia menggunakan kebijakan dana khusus untuk programnya itu, sebuah langkah legal untuk kasus darurat dan proyek yang menguntungkan negara.

Kemarahan publik muncul atas praktik korupsi pemerintah pada Agustus 2013 ketika seorang perempuan pengusaha mengaku kepada oposisi bahwa dia menerima dana 10 miliar peso atau setara Rp 2,3 triliun dari dana khusus itu. Perempuan tersebut mengaku menerima dana yang dialokasikan bagi proyek ternak piaraan yang dikelola seorang anggota parlemen.

Sejak saat itu, perempuan bernama Janet Napoles tersebut ditahan dengan tuduhan penyuapan disiapkan pemerintah untuk dirinya dan sejumlah anggota parlemen. Kementerian Kehakiman juga telah mencabut paspor sejumlah anggota oposisi beserta belasan asisten mereka.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com