Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Siap Gaet Turis Muslim Dunia

Kompas.com - 10/09/2013, 18:14 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Pemerintah China berencana menggaet turis Muslim sedunia bertandang. Rencana besar itu salah satunya dengan mempersiapkan wilayahnya yang berpenduduk Muslim.

Catatan Xinhua pada Selasa (10/9/2013), ide itu mengemukan saat perhelatan Konferensi Wisata Muslim China 2013 di Yinchuan. Dalam pertemuan itu bahkan pelaku pariwisata China sudah meneken kerja sama dengan 20 negara dan wilayah. Nilai kerja sama itu mencapai 3 miliar yuan atau setara dengan 490 juta dollar AS.

Hitung-hitungan Lembaga Pariwisata Nasional China (CNTA) menunjukkan kalau jumlah penduduk Muslim di dunia mencapai 1,6 miliar jiwa. "Pasar turis Muslim saat ini mencapai lebih dari 600 miliar dollar AS," kata Ketua CNTA Zhu Shanzhong dalam acara selama tiga hari itu.

China, kata Shanzhong akan mengandalkan Wilayah Otonomi Ningxia Hui di barat laut China. Wilayah ini terbanyak dihuni oleh warga China beragama Islam. Berbagai kegiatan budaya dan peninggalan Islam terpusat di wilayah ini. Penduduk Muslim China saat ini berjumlah sekitar 20 juta jiwa.

Ide China mendapat angin segar dari Asosiasi Wisata Muslim Malaysia. Ketua asosiasi itu, Anton Tey, mengatakan kalau 60 persen penduduk Malaysia beragama Islam. "Ningxia menjadi destinasi pas di samping tujuan wisata semacam Beijing, Shanghai, dan Yunnan," kata Anton Tey.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com