Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jepang Rasakan Suhu Tertinggi 41 Derajat Celsius

Kompas.com - 12/08/2013, 17:16 WIB
TOKYO, KOMPAS.com — Jepang menghadapi cuaca ekstrem dengan suhu udara mencapai 41 derajat celsius, Senin (12/8/2013). Sepanjang akhir pekan lalu, cuaca panas di Jepang sudah menewaskan sembilan warga.

Badan Meteorologi Jepang telah mengeluarkan peringatan di 38 dari 47 prefektur, mengimbau agar warga mewaspadai kemungkinan dehidrasi dan tetap memasang pengatur suhu di kediamannya.

Panasnya suhu mengakibatkan sedikitnya sembilan orang meninggal dunia akibat serangan jantung pada Sabtu dan Minggu lalu.

Bahkan bulan lalu, cuaca panas di negeri itu membuat sedikitnya 12 orang meninggal dunia.

Suhu tertinggi di Jepang pada Senin tercatat pada pukul 13.42 atau 11.42 WIB di Shimanto, sebuah kota di pesisir Samudera Pasifik di Pulau Shikoku.

Rekor ini mematahkan suhu terpanas sebelumnya, yaitu 40,9 derajat celsius pada Agustus 2007 yang terjadi di dua kota negeri itu.

Suhu udara mencapai lebih dari 40 derajat celsius selama tiga hari terakhir di berbagai kawasan Jepang setelah sistem tekanan udara panas Samudera Pasifik menyelimuti sebagian besar wilayah Jepang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com