Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aplikasi iPad Rusak, Puluhan Pesawat American Airlines Terlambat Terbang

Kompas.com - 30/04/2015, 08:59 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com — Puluhan pesawat milik maskapai penerbangan American Airlines sempat tak diterbangkan pada Selasa (28/4/2015) menyusul kekeliruan aplikasi pada iPad yang digunakan para pilot.

Aplikasi yang biasa dipakai pilot dan kopilot untuk melihat rencana terbang "berhenti bekerja". Manajemen American Airlines menyatakan masih menyelidiki penyebab masalah tersebut.

"Beberapa pesawat American Airlines mengalami persoalan dengan aplikasi perangkat lunak yang ada di iPad para pilot kemarin malam," kata seorang juru bicara maskapai tersebut kepada BBC.

Serge Gojkovich, pemimpin perusahaan pembuat aplikasi Curbstand, termasuk di antara penumpang yang terkena dampaknya. Lewat akun Twitter-nya, Serge menyatakan penerbangannya dilanjutkan sesudah awak pesawat mencetak rencana penerbangan yang mereka perlukan dengan menggunakan kertas.

American Airlines ini menetapkan kebijakan "tanpa kertas" di kokpit pesawat mereka sejak 2013. Menurut manajemen, kebijakan ini akan menghemat berbagai biaya pengeluaran hingga 1,2 juta atau sekitar Rp 15,5 triliun setiap tahun.

American Airlines bukan satu-satunya maskapai penerbangan yang beralih menggunakan tablet elektronik untuk awak kabin. United Airlines telah menggunakan iPad, sementara Delta menggunakan Microsoft Surface.

Selain menghemat biaya bahan bakar, penggunaan teknologi ini juga memperpendek persiapan penerbangan, mengurangi kemungkinan cedera, dan membantu staf dalam memperbarui data.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com