Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serangan Israel Tewaskan Istri dan Putri Pemimpin Militer Hamas

Kompas.com - 20/08/2014, 09:42 WIB
GAZA CITY, KOMPAS.COM — Sebuah serangan udara Israel di Gaza City telah menewaskan istri dan bayi perempuan kepala militer Hamas, Mohammed Deif, kata kelompok itu, Rabu (20/8/2014) pagi.

"Istri pemimpin besar telah menjadi martir bersama putrinya," dalam sebuah serangan pada Selasa malam, tulis wakil pemimpin Hamas di pengasingan, Mussa Abu Marzuk, di Facebook. Marzuk tidak mengatakan apa pun tentang nasib Deif sendiri.

Dia mengatakan, Israel telah mencari "alasan untuk menyasar seorang pemimpin besar Hamas".

Deif diangkat menjadi kepala sayap militer Hamas, Brigade Ezzedine al-Qassam, pada tahun 2002 setelah kematian pendahulunya, Salah Shehade, dalam sebuah serangan Israel. Deif lolos dari kematian dalam setidaknya lima kali upaya Israel untuk membunuh dia.

Badan-badan darurat Palestina merevisi laporan sebelumnya terkait tiga orang yang tewas dalam serangan di sebuah rumah besar di lingkungan Sheikh Radwan di kota Gaza. Mereka mengatakan, korban serangan itu adalah seorang wanita dan seorang gadis cilik berusia dua tahun. Mereka mengatakan, 45 orang lainnya luka-luka akibat serangan tersebut.

Kematian pada hari Selasa itu merupakan yang pertama sejak 10 Agustus setelah kedua pihak sepakat melakukan gencatan senjata. Pertempuran lebih dari satu bulan antara Israel dan Hamas telah menewaskan sedikitnya 2.020 warga Palestina dan 67 orang warga Israel sejak 8 Juli lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com