Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ruang Kelas Sekolah di Kenya Ambruk, 7 Siswa Tewas

Kompas.com - 23/09/2019, 16:37 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

MAIROBI, KOMPAS.com - Peristiwa memilukan terjadi di sekolah Nairobi, Kenya, di mana ruang kelas ambruk, dengan dilaporkan ada 7 orang siswa yang tewas.

"Sejauh yang bisa kami konfirmasikan, terdapat tujuh korban jiwa dengan 57 lainnya dirawat di rumah sakit," ujar juru bicara pemerintah Cyrus Oguna.

Baca juga: Atap Ruang Kelas Ambruk, 12 Siswa Terluka dan 3 Pingsan

Tragedi itu terjadi di Sekolah Precious Talent yang menampung 800 siswa, beberapa menit setelah belajar dimulai pukul 06.50 Senin (23/9/2019).

Dilansir AFP, ratusan orang di Dagoretti, area miskin di ibu kota Kenya itu bergegas memberi pertolongan setelah mendengar ruang kelas ambruk.

Terdengar suara anak-anak menangis ketika masyarakat setempat berusaha membersihkan puing-puing reruntuhan menggunakan tangan kosong, diberitakan Daily Mirror.

Tas punggung, buku sekolah, hingga kotak makan siang terlihat dalam serpihan atap besi dan kayu ketika operasi penyelamatan dilakukan.

Dilaporkan terdapat kekhawatiran bakal ada tambahan korban tewas setelah opersi untuk mengeluarkan para murid dari ruang kelas dilakukan.

Para orangtua murid yang terkejut juga datang ke lokasi kolapsnya ruang kelas, seraya menghibur orangtua lain yang berduka atas nasib anaknya.

Manajer sekolah Moses Wainaina menyalahkan pembangunan saluran pembuangan yang dianggap melemahkan pondasi bangunan, dan berujung pada ambruknya ruang kelas.

Media lokal memberitakan, dibutuhkan waktu hingga satu jam bagi tim medis untuk sampai ke lokasi. Sekretaris Dinas Pendidikan Bello Kipsang dan Palang Merah Kenya juga hadir di sana.

Palang Merah menuturkan, mereka menawarkan bantuan psikososial hingga layanan informasi untuk membantu kerabat yang ingin mengetahui identitas para korban.

Baca juga: Ruang Kelas Ambruk, Siswa Jalani UN di Teras Rumah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com