Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Koloni 80.000 Lebah Hidup di Dinding Kamar Tidur Keluarga Ini

Kompas.com - 22/05/2019, 14:37 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

GRANADA, KOMPAS.com - Betapa kagetnya sebuah keluarga di Granada, Spanyol, ketika mereka mencoba mengulik asal muasal suara berdengung yang muncul di kamar tidur.

Sebabnya seperti dilansir Oddity Central Selasa (21/5/2019), suara berdengung yang dirasakan pasangan asal Pinos Puente itu ternyata adalah koloni lebah.

Baca juga: Diganggu Lebah Saat Sedang Memasang Aliran Listrik, Mualif Jatuh Tersetrum

Media Spanyol memberitakan bagaimana pasangan itu meminta bantuan pawang lebah untuk mencari tahu dengungan keras yang mereka dengar di balik dinding.

Pasangan yang tak disebutkan identitasnya itu mengaku sudah mendengar dan tidak terlalu memedulikannya. hingga malam tiba ketika dengungan tersebut semakin keras.

Karena itu, mereka meminta pawang Sergio Guerrero yang sebelumnya sudah menangani sarang lebah dari rumah mereka sebelumnya hingga dia melakukan pengecekan lagi.

Alangkah terkejutnya Guerrero ketika mengelupas dinding hingga dia tidak bisa berkata-kata. Sebuah sarang sepanjang satu meter dengan 80.000 ekor lebah ditemukan di dalamnya.

"Bisa membentuk sarang sedemikian besar seperti ini, lebah itu pastinya beraktivitas selama satu tahun," ujar Guerrero kepada harian lokal La Vanguardia.

Guerrero menjelaskan, seekor ratu lebah bisa meletakkan telurnya 1.400 butir per hari. Dia pun memprediksi sarang itu sudah muncul selama dua tahun terakhir.

Meski sudah mengeluarkan lebih dari 500.000 ekor lebah dari rumah pasangan itu pada tahun ini, Guerrero mengaku dia belum pernah melihat ada sarang setinggi itu.

Dia kemudian memberikan nasihat kepada warga jika mendengar ada suara berdengung, maka mereka harus segera melapor ke pawang lebah secepat mungkin.

Baca juga: Dokter Keluarkan 4 Lebah dari Dalam Mata Perempuan Taiwan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com