Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini dalam Sejarah: Saat Menara Eiffel Dipamerkan kepada Dunia...

Kompas.com - 06/05/2019, 11:02 WIB
Aswab Nanda Prattama,
Bayu Galih

Tim Redaksi

Sumber History

KOMPAS.com - Setiap negara bahkan kota mempunyai bangunan ikonik yang dibangun untuk memperingati peristiwa tertentu. Tak hanya itu, bangunan tersebut juga melambangkan kemegahan infrastruktur dan kemajuan sebuah negara.

Salah satu contohnya adalah Perancis, tepatnya Kota Paris yang identik dengan Menara Eiffel. Menara ini resmi diperkenalkan dalam acara pameran dunia atau World Fair yang berjuluk Exposition Universelle.

Kemegahan Eiffel ditunjukkan melalui acara pameran dunia pada hari ini 130 tahun yang lalu, tepatnya 6 Mei 1889. Melalui acara internasional itu, Perancis ingin menunjukan bangunan ikonik miliknya sebagai destinasi wisata yang baru dibuka enam hari sebelumnya.

Acara ini didesain dengan menggelar hiburan di sekeliling Menara Eiffel. Perwakilan stand dari beberapa negara dunia berada di sisi samping, sehingga Menara Eiffel menjadi pusat pandangan pengunjung.

Pada saat itu, Eiffel tercatat sebagai menara tertinggi di dunia dan orang-orang dari semua negara pergi ke jantung ibu kota Perancis untuk mengagumi karya arsitektur ini. Meskipun lift belum beroperasi, banyak dari pengunjung yang rela naik tangga ke atas menara.

Baca juga: Kisah Kembaran Menara Eiffel yang Urung Dibangun

Konsep pembangunan

Foto Gustave Eiffel, arsitek Menara Eiffel Paris, pada 1888.WIKIPEDIA / GETTYIMAGES Foto Gustave Eiffel, arsitek Menara Eiffel Paris, pada 1888.
Pembangunan awal dari Menara Eiffel  untuk menghormati peringatan seratus tahun Revolusi Perancis dan menyambut World Fair.

Pemerintah Perancis kemudian mengumumkan kompetisi untuk desain monumen yang akan dibangun di Paris. Lebih dari 100 desain diajukan. Namun, komite tertinggi memilih desain milik Gustave Eiffel untuk berdiri kokoh di tengah Paris.

Dilansir dari History.com, rencananya menara ini akan menggunakan besi yang akan menjulang tinggi ke atas. Gustave Eiffel yang sebelumnya merupakan seorang yang mahir dalam kontruksi jembatan dan ahli kontruksi logam juga telah merancang Patung Liberty yang didirikan di Pelabuhan New York.

Banyak yang mengkritik desain Menara Eiffel, karena akan merusak pemandangan di jantung Kota Paris, apalagi monumen terbuat dari besi.

Namun, pembangunan kontruksi tetap berjalan dan penggalian pertama dimulai pada 28 Januari 1887. Semua elemen bangunan telah tersedia pada pabrik Menara Eiffel yang berlokasi di pinggiran Paris.

Potongan besi panjang beserta ratusan pekerja telah siap membangun menara monumental ini. Semua potongan besi akan disatukan dengan baut yang telah disiapkan sebelumnya.

Tangga menara EiffelArtcurial Tangga menara Eiffel

Satu pekerja kehilangan nyawanya selama konstruksi. Namun, kecelakaan itu, untuk ukuran saat itu, merupakan jumlah korban yang sangat rendah untuk proyek besar.

Setelah dua tahun pengerjaan, menara itu akhirnya selesai dengan tinggi sekitar 300 meter. Struktur ringan dan besar dianggap sebagai mahakarya arsitektur.

Pada 31 Maret 1889, menara ini diresmikan dan dihadiri oleh Perdana Menteri Prancis Pierre Tirard. Lift untuk menjangkau puncak menara tak bisa selesai pada hari itu, sehingga Gustave Eiffel naik tangga menara dengan temannya untuk mengibarkan bendera Perancis.

Setelah peresmian awal, kini giliran dunia untuk melihat pesona dari kemegahan arsitektur Perancis ini.

Baca juga: Biografi Tokoh Dunia: Gustave Eiffel, Arsitek Menara Paling Terkenal di Paris

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com