Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uang Kembaliannya Kurang Rp 84, Pria Ini Tuntut Supermarket di China

Kompas.com - 24/04/2019, 15:10 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

BEIJING, KOMPAS.com - Seorang pria di kawasan barat laut China dilaporkan memenangkan gugatan hukum terhadap sebuah jaringan supermarket karena tidak memberikan kembalian yang semestinya.

Pria dengan marga Xiao yang tinggal di Provinsi Shaanxi awalnya berbelanja di jaringan supermarket Yonghui pada 2 Februari. Saat itu, total belanjaannya 54,76 yuan, atau Rp 115.000.

Baca juga: Sandiaga Bayar Tempe Pakai Rp 100.000 dan Tolak Kembalian, Pedagang Berseru Alhamdulillah

Diberitakan SCMP Rabu (24/4/2019), Xiao membayar dengan uang 55 yuan, atau Rp 115.516. Sehingga dia seharusnya mendapat kembalian 0,24 yuan, atau Rp 504.

Namun sebagaimana diberitakan Pearvideo.com, Xiao hanya mendapat 0,2 yuan, sekitar Rp 420. Sehingga dia tidak menerima kembalian 0,04 yuan, sekitar Rp 84.

"Mereka dengan ilegal mengambil kembalian 0,04 yuan dari saya. Dengan menuntut mereka, saya hanya ingin mereka mengembalikan apa yang menjadi hak saya," tegas Xiao.

Gayung bersambut, Pengadilan Xian memutuskan memenangkan Xian. Yonghui diperintahkan untuk mengembalikan kembalian rp 84 dan membayar biaya perkara 50 yuan, atau Rp 105.000.

Pengacara yang mewakili Supermarket Yonghui mengatakan, metode memberikan kembalian dengan membulatkan angka sebenarnya bukanlah pilihan yang baik.

Sebab, pemberian kembalian dengan metode seperti itu bukanlah bentuk penghormatan hak-hak konsumen, serta menyebabkan mereka dalam kondisi tidak nyaman.

"Karena itu, izinkanlah kami untuk menyampaikan permintaan maaf kepada Tuan Xian dan publik atas ketidaknyamanan yang kami timbulkan," ujar kuasa hukum Yonghui.

Baca juga: Bahagianya Jajang, Jokowi Beli Sawo Manis Jualannya dan Tolak Uang Kembalian

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com