Biografi Tokoh Dunia: Gianni Versace, Pendiri Rumah Mode Versace Halaman 1 - Kompas.com

Biografi Tokoh Dunia: Gianni Versace, Pendiri Rumah Mode Versace

Kompas.com - 30/11/2018, 22:48 WIB
Gianni Versace, desainer sekaligus pendiri rumah mode internasional Versace.Tony Palmieri/Penske Media/REX/Shutterstock Gianni Versace, desainer sekaligus pendiri rumah mode internasional Versace.

KOMPAS.com - Giovanni Maria "Gianni" Versace adalah desainer berkebangsaan Italia sekaligus pendiri rumah mode internasional Versace.

Sebagai desainer, Versace dianggap membawa semangat dan seni ke sebuah industri yang dianggap tidak bersinggungan dengan kultur sehari-hari.

Versace yang berteman dengan selebritis seperti Eric Clapton, Madonna, maupun mendiang Putri Diana adalah desainer yang menghubungkan fesyen dengan musik.

Baca juga: Michael Kors Resmi Akuisisi Semua Saham Versace

Berikut merupakan biografi dari perancang busana yang dikenal karena fesyennya yang berani serta begitu glamor tersebut.

1. Masa Kecil
Versace lahir pada 2 Desember 1946 di Reggio Calabria, Italia, di mana masa kecilnya dipengaruhi oleh dua hal, sejarah Yunani Kuno dan seniman pop art Andy Warhol.

Terpengaruh oleh Yunani Kuno, dia sempat mengikuti pendidikan bahasa Latin dan kebudayaan Yunani di Liceo Classico Tommaso Campanella.

Setelah menamatkan pendidikannya, dia memulai pelatihan di bisnis jahit-menjahit yang dikelola oleh ibunya, Francesca.

Pada 1972 saat berusia 26 tahun, Versace yang sempat tertarik dengan arsitektur kemudian memutuskan pindah ke Milan.

Setahun kemudian, dia menjadi desainer lepas bagi label Genny dan terlibat dalam eksperimen clothing line seperti Byblos dan Complice.

Setelah bekerja selama beberapa tahun, dia menjadi cukup percaya diri untuk memamerkan desainnya di Palazzo della Permanente Art Museum of Milan.

Kemudian dia menggelar peragaan busana pertamanya sebelum memutuskan membuka butik di kawasan Via della Spiga pada 1978.

Baca juga: Michael Kors akan Beli Versace Senilai 2 Miliar Dollar AS

2. Kerajaan Fesyen
Setelah membuka butik, Versace menjadi buah bibir di industri fesyen. Dia menggabungkan warna cerah dengan potongan seksi.

"Saya tidak percaya dengan 'selera bagus'," kata Versace untuk menggambarkan "perpaduan klasik mewah dengan seksualitas" yang menuai kritik sekaligus pujian.

Dia memulai bisnisnya dengan mengajak kakak serta adiknya, Santo dan Donatella, sebagai presiden dan wakil presiden perusahaan.

Di antara berbagai karya Versace terdapat penemuan bernama Oroton, yakni chainmail yang merupakan sejenis baju zirah namun dari bahan sangat ringan pada 1982.

Versace sangat bangga akan warisan Italia selatan dan memutuskan memasukkan seni Graeco-Roman ke dalam desainya.

Baca juga: Rumah Mode Versace Segera Dijual, Siapa Pembelinya?

Karena itu logo perusahaannya adalah Kepala Medusa, makhluk mitologi Yunani berbentuk perempuan dengan ular sebagai rambutnya.

Pada 1982, dia mengembangkan kerajaan modenya dengan merambah perhiasan dan peralatan rumah tangga dan pada 1989, dia mencoba masuk ke haute couture.

Versace merupakan desainer yang mendapat kredit karena menemukan supermodel seperti Naomi Campbell, Christy Turlington, dan Linda Evangelista.

Saat Versace meninggal dunia, kerajaan modenya bernilai 807 juta dollar AS dan memiliki sekitar 130 butik di seluruh dunia.

Baca juga: Ini Cara Benar Ucapkan Versace


Page:
Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Close Ads X