Kompas.com - 02/08/2018, 09:57 WIB

WELLINGTON, KOMPAS.com — Seperti halnya pekerja perempuan lainnya, Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern juga memilih untuk mengambil cuti usai melahirkan.

Ibu berusia 38 tahun tersebut melahirkan anak pertamanya pada 21 Juni 2018. Setelah menjalani masa cuti selama enam pekan, dia kembali bekerja pada Kamis (2/8/2018).

Diwartakan AFP, Ardern merupakan pemimpin negara di dunia kedua yang melahirkan saat masih bertugas.

Baca juga: Jacinda Ardern Jadi Perdana Menteri Termuda Selandia Baru

Untuk saat ini, dia memilih bekerja dari kediamannya di Auckland hingga akhir pekan, kemudian akan pindah ke Wellington.

Sebelumnya, dia menyatakan bakal fokus memperbaiki masalah terkait isu kesehatan kejiwaan, hubungan dagang, lingkungan, dan kepegawaian.

Dalam unggahan di Facebook pekan lalu, Ardern mengatakan, keluarganya berada dalam kondisi sangat baik.

"Tentu saja hidup akan sedikit berbeda," katanya.

Kekasih Ardern, Clarke Gayford, merupakan pembawa acara dokumenter memancing di televisi. Dia berencana untuk menjadi bapak rumah tangga dan berperan sebagai pengasuh utama bagi putri mereka.

Ardern mengumumkan usia kehamilannya sekitar lima bulan sebelum melahirkan. Sementara mantan pemimpin Pakistan Benazir Bhutto tidak memberi tahu siapa pun sampai akhirnya melahirkan putrinya pada Januari 1990.

Baca juga: PM Selandia Baru Beberkan Kehidupannya Setelah Melahirkan

Bhutto merupakan pemimpin negara di dunia yang pertama melahirkan ketika masih dalam masa tugas.

Tidak seperti Ardern yang bisa mengambil cuti hamil, mantan Perdana Menteri Pakistan itu menjalani operasi caesar dan segera kembali bekerja.

Selama Ardern absen dari tugas pemerintahan, wakilnya, Winston Peters, memimpin negara tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.