Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/05/2018, 21:42 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber Sky

BEIJING, KOMPAS.com - Seorang pilot sebuah maskapai di China menuai pujian setelah berhasil melakukan pendaratan darurat pada Senin (14/5/2018) waktu setempat.

Pendaratan darurat itu terpaksa dilakukan setelah salah satu kaca kokpit rusak, dan nyaris membuat kopilotnya terlempar.

Liu Chuanjian bercerita, kaca sebelah kanan kokpit pecah ketika pesawat Airbus A319 milik Sichuan Airlines berada di ketinggian 32.000 kaki.

"Tiba-tiba terdengar suara memekakkan telinga. Ketika saya melhat asal suaranya, setengah tubuh kopilot saya sudah berada di luar pesawat," kata Liu.

Baca juga: Mesin Berasap, Pesawat Maskapai Delta Airlines Mendarat Darurat

Untungnya, seperti dilansir Chengdu Business Daily via Sky News, sabuk pengaman berhasil menjaga sang kopilot dengan baik.

Liu melanjutkan, akibat kaca kokpit yang terlepas itu, pesawat berguncang sangat keras. Dia hampir tidak bisa membaca panel instrumennya.

Liu, yang pernah menjadi instruktur penerbangan di Angkatan Udara China berkata, dia berusaha memikirkan hal lain.

"Yang saya perlu lakukan hanya berusaha mengendalikan pesawat, dan mendarat dengan mantap," katanya dilansir dari Sichuan Television.

Pesawat yang hendak menuju Chongqing dari Lhasa di Tibet itu melakukan pendaratan darurat di kota Chengdu yang terletak di Provinsi Sichuan.

Seluruh penumpang yang berjumlah 128 selamat. Adapun kopilot mengalami luka di bagian wajah dan cedera di punggungnya.

Aksi Liu kemudian didiskusikan oleh para netizen di media sosial China, Weibo, dengan judul forum "Kapten Pahlawanku".

"Ini merupakan keajaiban di dunia penerbangan China, sekaligus menunjukkan ketenangan yang diperlihatkan mantan instruktur terbang," ujar seorang warganet.

Direktur Keselamatan Badan Penerbangan Sipil China, Tang Weibin berujar, kaca kokpit tersebut berada dalam kondisi sempurna.

"Kaca itu sebelumnya tidak pernah dilaporkan mengalami kerusakan. Atau laporan yang menyatakan harus dilakukan perawatan," ujar Tang.

Baca juga: Maskapai Asiana Airlines Senggol Ekor Pesawat Lain sampai Patah

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Sky
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com