Kompas.com - 02/11/2017, 14:20 WIB
|
EditorErvan Hardoko

KOMPAS.com - Bagi banyak orang mungkin hanya mengetahui Finlandia adalah negeri tempat telepon genggam Nokia diproduksi.

Atau para penggemar otomotif mungkin mengenal Finlandia dari para pebalapnya seperti Mika Hakkinen, Tommy Makkinen, atau Kimi Raikkonen.

Namun, Finlandia lebih dari itu. Negeri Skandinavia ini adalah salah satu negeri paling makmur di dunia.

Baca juga : Ketika Tukang Bangunan dari Indonesia Gagal Mengakali Aturan Finlandia

Finlandia juga dikenal memiliki banyak keunggulan di bidang pendidikan, ekonomi, kebebasan sipil, kualitas hidup, dan pengembangan manusia.

Secara ringkas Finlandia mungkin gambaran sebuah negara ideal. Nah, di level kehidupan sehari-hari banyak hal di negeri itu membuat orang di belahan dunia lain iri.

Apa saja itu?

1. Perempuan yang baru melahirkan mendapatkan hadiah

Menurut indeks yang disusun Save the Children, Finlandia adalah negara yang paling baik bagi ibu dan anak.

Perhatian negara untuk para ibu yang baru melahirkan amat besar, salah satunya memberi bingkisan yang berisi 50 barang kebutuhan bayi.

Barang-barang itu antara lain pakaian bayi, berbagai kebutuhan higienis, dan mainan bayi yang semuanya dimasukkan ke dalam sebuah kotak.

Baca juga : Terbongkar... Rahasia Sukses Pendidikan di Finlandia!

Kotak itu cukup besar bahkan bisa digunakan untuk tempat tidur bayi. Jika tak mau menerima bingkisan ini maka sang ibu bisa meminta "mentahnya" berupa uang senilai 140 euro atau Rp 2,2 juta.

Pemberian bingkisan ini sudah dimulai sejak 1938. Awalnya bingkisan ini hanya untuk warga berpenghasilan rendah tetapi kini bingkisan diberikan untuk semua perempuan yang baru melahirkan.

2. Anak-anak berangkat dan pulang sekolah gratis naik taksi

Menurut undang-undang Finlandia, anak-anak yang kediamannya berjarak lebih dari lima kilometer dari sekolah berhak mendapatkan tumpangan bus atau taksi gratis

Bus dan taksi yang digunakan anak-anak sekolah ini adalah kendaraan biasa yang dikelola perusahaan swasta tetapi dengan tanda khusus.

Baca juga : Di Musim Panas, Umat Islam Finlandia Berpuasa 23 Jam Sehari

Untuk bus sekolah untuk siswa sekolah memiliki tanda "Koulukyyti/Skolskjuts" di bagian depan dan belakang. Sedangkan taksi memasang tanda segi tiga di atapnya.

Selain itu, bus dan taksi yang khusus digunakan untuk antar jemput anak-anak sekolah itu tak boleh melaju dengan kecepatan di atas 80 km/jam.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.