Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kepastian George Weah Jadi Presiden Liberia, Tunggu Pilpres Putaran II

Kompas.com - 16/10/2017, 09:45 WIB
Veronika Yasinta

Penulis


MONROVIA, KOMPAS.com - Perjuangan mantan bintang klub AC Milan, sekaligus legenda sepak bola Liberia George Weah untuk menjadi Presiden Liberia belum tuntas.

Perjalanan panjangnya menuju kursi nomor satu di pemerintahan Liberia, masih harus ditentukan dalam pemilihan presiden lanjutan, 7 November 2017 mendatang.

Wakil Presiden Liberia Joseph Boakai menjadi lawan Weah dalam pemilihan umum ini.

Salah satu dari mereka harus mengantongi lebih dari 50 persen suara, untuk dapat menggantikan posisi Ellen Johnson Sirleaf sebagai Presiden.

Sirleaf adalah perempuan Presiden pertama di Afrika, yang juga peraih penghargaan Nobel Perdamaian.

Weah menjadi unggulan setelah dalam putaran pertama mendapatkan 39 persen suara dari total 95,6 persen suara yang masuk.

Sementara, seperti diberitakan AFP, Boakai mendapatkan 29,1 persen suara.

Sisanya, direbut oleh pemimpin oposisi veteran, Charles Brumskine, mantan Wakil Presiden Coca-Cola di Nigeria, Alexander Cummings, dan Prince Johnson, panglima perang yang menjadi pendeta.

Baca: Hasil Resmi Presiden Liberia Belum Ada, Wenger Sudah Selamati Weah

Weah pernah dinobatkan sebagai pemain sepak bola pertama asal Afrika yang memenangi gelar Pemain Terbaik Sepak Bola FIFA dan penghargaan The Ballon d'Or.

Weah tak menyaksikan perang saudara yang pecah di negaranya pada 1989-2003. Dia memilih merumput bersama tim kenamaan Eropa seperti PSG dan AC Milan.

Tahun ini merupakan kali kedua bagi Weah berupaya merebut kursi kepresidenan Libera. Sebelumnya, di tahun 2015 upayanya digagalkan oleh kemenangan Sirleaf.

Sementara itu, Boakai menggambarkan dirinya sebagai pria yang rendah hati dan penuh semangat, setelah mendapat label "Joe si Tukang Tidur".

Pasalnya, Boakai pernah beberapa kali terlihat tertidur pada acara publik.

Baca: Anak George Weah Siap Buktikan Diri Setajam Sang Ayah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com