Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Donasi Politik di Victoria Dibatasi Rp 40 Juta, Hanya Warga Australia

Kompas.com - 18/09/2017, 23:10 WIB

MELBOURNE, KOMPAS.com - Donasi politik di negara bagian Victoria, Australia, akan dibatasi sebesar  4.000 dollar atau setara Rp 40 juta selama empat tahun dan akan segera diungkap secara daring di negara bagian ini.

Langkah itu dilakukan dalam sebuah reformasi besar-besaran yang diusulkan oleh Menteri Utama Victoria, Daniel Andrews, demikian dilaporkan ABC News, Senin (18/9/2017).

Donasi asing juga dilarang di bawah reformasi yang diajukan pemerintahan Partai Buruh ini. Hanya warga Australia yang diperbolehkan memberikan kontribusi.

Denda hingga 44.000 dollar atau setara Rp 440 juta. Penjara dua tahun akan dijatuhkan untuk pelanggaran atas peraturan pemilu baru yang ketat tersebut.

Pemerintah negara bagian juga menarget sejumlah lembaga dan organisasi lain yang mengumpulkan uang tunai untuk partai-partai politik.

Baca: Donasi Politik Dipertanyakan, Menteri Pertanian Jepang Mundur

Misalnya ‘Progressive Business’ yang berhubungan dengan Partai Buruh dan Yayasan Cormack yang terkait dengan Partai Liberal.

Perubahan tersebut akan menjadi beban bagi Komisi Pemilihan Umum, kata pemerintah, dan lebih banyak dana akan dialokasikan.

Pendanaan publik untuk kampanye pemilu harus ditingkatkan. Namun, Menteri Khusus Negara Bagian, Gavin Jennings, tidak akan mengatakan berapa jumlahnya.

Perubahan itu perlu mendapat persetujuan parlemen. "Ini akan menjadi donasi paling ketat di Australia, karena warga Victoria pantas untuk tahu siapa yang menyumbang, berapa jumlahnya, dan kapan," kata Andrews.

Tak lebih dari 4.000 atau setara Rp 40 juta yang bisa disumbangkan selama masa jabatan Parlemen empat tahun, dan semua donasi senilai lebih dari 1.000 dollar atau setara Rp 10 juta perlu diungkap.

Saat ini, partai politik tak perlu mengungkap donasi di bawah 13.200 dollar atau setara Rp 132 juta.

Serikat pekerja dan perusahaan juga akan dibatasi donasinya kepada partai politik sebesar 4.000 atau setara Rp 40 juta selama empat tahun.

Baca: Pejabat Australia Mundur gara-gara Sebotol Anggur

Tiket untuk acara penggalangan dana yang diselenggarakan oleh entitas terkait akan dianggap sebagai bagian dari batas 4.000 dollar itu, dengan biaya dari acara itu dikurangi dari hasil kalkulasi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com