Kompas.com - 04/08/2017, 09:22 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

NEW YORK, KOMPAS.com - Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres akan melakukan kunjungan pertamanya ke Israel dan wilayah Palestina, termasuk Jalur Gaza, sejak mengambil alih kendali di PBB.

Kunjungan itu akan dilakukan pada akhir bulan ini. Demikian penjelasan beberapa diplomat di Kantor Pusat PBB di New York, Kamis (3/8/2017), seperti dikutip AFP.

Sekjen PBB akan mengadakan pembicaraan dengan para pemimpin Israel, dan melakukan perjalanan ke Ramallah untuk bertemu dengan pemimpin Palestina Mahmud Abbas.

Guterres juga akan mendatangi Jalur Gaza, di mana PBB menjalankan sebuah program bantuan utama Palestina.

Kunjungan tersebut akan berlangsung selama tiga hari mulai 28 Agustus mendatang.

Duta Besar Israel untuk PBB Danny Danon mengatakan, kunjungan tersebut akan menjadi kesempatan bagi Guterres untuk membangun hubungan dengan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu.

Dia juga akan mengadakan pertemuan dengan Presiden dan Menteri Pertahanan Israel.

"Kami sangat senang dengan kunjungan ini," kata Danon.

"Ini adalah kesempatan besar bagi Sekretaris Jenderal untuk mengenal Israel, untuk bertemu dengan para pemimpin Israel, dan untuk memahami tantangan yang dihadapi Israel dari hari ke hari."

Duta Besar Palestina Riyad Mansour menggambarkan kunjungan tersebut sebagai sebuah kesempatan yang sangat penting, yang mengindikasikan fokus PBB yang lebih kuat pada penderitaan orang-orang Palestina.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.