Kompas.com - 19/11/2016, 14:50 WIB
EditorIcha Rastika

KOMPAS.com — Sebanyak 27 orang terluka akibat kebakaran yang terjadi di Bank Commonwealth cabang Melbourne, Australia, Jumat (18/11/2016) waktu setempat.

Sebanyak enam orang di antaranya dalam kondisi kritis karena mengalami luka bakar serius. Para korban telah dibawa ke Rumah Sakit Alfred.

Diduga, kebakaran ini berasal dari seorang pria berusia 21 tahun yang datang ke Australia pada 2013 dari Myanmar untuk mencari suaka.

Inspektur Jacqui Poida dari Kepolisian Victoria mengatakan, mereka menerima laporan adanya seorang pria yang membakar bank di Jalan Springvale Rd, Springvale, sekitar pukul 11.30 waktu setempat.

"Pria itu membawa kontainer berisi cairan yang mudah terbakar. Ia masuk ke bank dan menuangkan cairan itu sehingga menyebabkan berkobarnya api di dalam bank. Ia membuat dirinya terbakar dan ada sejumlah orang lain dalam bank yang juga terluka," katanya.

"Ia meninggalkan bank, tak lama kemudian polisi datang dan menolongnya, diikuti dengan ambulans yang juga menolong korban lainnya," katanya.

Kemudian, pria yang diduga sebagai pelaku ini dibawa ke rumah sakit dalam kondisi serius dan dijaga polisi.

Seorang saksi bernama Ashley Atkin-Fone mengatakan, dia bersama beberapa orang lain berlari menolong para korban setelah mendengar ledakan besar dan melihat asap hitam muncul dari bank.

"Seorang anak keluar dengan tubuh terbakar, berteriak, darah di mana-mana. Saya terkejut selama beberapa menit," ujarnya.

"Saya kemudian berlari ke seberang jalan, masuk ke kantor provider Optus dan mengambil tabung pemadam, saya masuk ke dalam dan memadamkan api," kata Ashley.

Bank ini berada sekitar 23 kilometer dari pusat bisnis Melbourne. Menurut pihak Ambulans Victoria, korban terluka mulai dari anak balita hingga dewasa.

Pihak Commonwealth Bank membenarkan kejadian ini dan menyatakan bahwa bank akan ditutup sementara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.