Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Swiss Sita 11 Mobil Mewah Wapres, Putra Presiden Equatorial Guinea

Kompas.com - 04/11/2016, 11:40 WIB

GENEVA, KOMPAS.com - Jaksa Swiss telah menyita 11 mobil mewah milik Wakil Presiden Equatorial Guinea, Teodorin Nguema Obiang Mangue, yang diselidiki karena skandal dugaan korupsi.

Teodorin adalah putra Presiden Teodoro Obiang Nguema Mbasogo, pemimpin yang paling lama berkuasa, yakni sejak 3 Agustus 1979.

Putranya, Teodorin (47), dituduh melakukan praktik pencucian uang oleh jaksa Swiss, seperti dilaporkan BBC News pada Jumat (4/11/2016). Ia belum berkomentar atas tuduhan itu.

Kekuasaan yang diraih Teodoro dilakukan dengan sebuah kudeta militer pada Agustus 1979 untuk menggulingkan pamannya sendiri, Francisco Macias Nguema.

Jaksa di Geneva mengatakan, Teodorin telah menjarah kekayaan minyak negaranya untuk membeli barang mewah, termasuk jet pribadi dan memorabilia Michael Jackson.

Equatorial Guinea, sebuah negara kecil di pantai barat Afrika, menemukan cadangan minyak besar tahun 1995.

Jaksa Swiss menduga, putra Teodoro itu telah melakukan korupsi untuk perkaya diri sehingga menyita 11 mobil mewahnya.

Satu di antaranya adalah Bugatti Veyron seharga 2 juta dollar AS atau sekitar Rp 26,2 miliar dan satu Porsche seharga 830.000 dollar atau hampir Rp 10,9 miliar.

EPA/Laurent Gillieron Dua mobil sport Ferrari termasuk dalam 11 mobil mewah milik Teodorin Obiang Nguema yang disita.
Teodorin sudah didakwa dengan korupsi dan penggelapan uang di Perancis dan mulai disidang tahun depan.

Namun Teodorin menolak dakwaan itu ke pengadilan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan diperkirakan tidak akan hadir dalam sidang dengan majelis hakim Perancis.

Teodorin, putra dari istri pertama Teodoro, yakni Constancia Okomo, itu ditunjuk sang ayah untuk menjabat wakil presiden pada 22 Juni 2016.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com