Kompas.com - 20/10/2016, 22:15 WIB
EditorErvan Hardoko

LONDON, KOMPAS.com - Iring-iringan armada AL Rusia yang di dalamnya termasuk kapal induk Admiral Kuznetzov dibayangi kapal-kapal perang Inggris, Kamis (20/10/2016), dalam perjalanan menuju ke Suriah.

Armada yang terdiri dari delapan kapal perang itu dibayangi fregat HMS Richmond dan kapal perusak HMS Duncan, saat melintasi perairan di sekitar Inggris.

Pengerahan armada perang itu dilakukan beberapa pekan setelah Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu mengatakan kapal induk Admiral Kuznetzov dari Armada Utara Rusia akan dikirim ke Laut Tengah.

Seorang juru bicara AL Inggris mengatakan, jumlah armada kapal perang Rusia sangat tak lazim tetapi mereka berperilaku wajar, termasuk meminta izin terbang dan menghubungi markas penjaga pantai Inggris.

"Hal yang istimewa dalam armada ini adalah kapal induknya. Jika ingin menjaga kapal induk itu maka harus disertakan sebuah kapal perusak dan fregat," kata juru bicara itu.

"Dan, jika ingin menunjukkan kekuatan maka itulah yang mereka lakukan saat ini. Namun ini bukan kekuatan penuh mereka," tambah dia.

Sementara itu, seorang petinggi NATO mengatakan, pengerahan armada besar itu tidak menunjukkan tanda bahwa Moskwa tengah mencari solusi politik untuk krisis Suriah.

Armada Rusia itu sebelumnya dipantau kapal-kapal perang dan jet-jet Norwegia saat melintasi perairan internasional di lepas pantai negeri Skandinavia itu awal pekan ini sebelum mendekati perairan Inggris.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.