Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Induk Rusia Berlayar Menuju Suriah

Kompas.com - 19/10/2016, 19:15 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com - Kapal induk Rusia bertenaga nuklir Admiral Kuznetzov memimpin sebuah armada kapal perang tengah berlayar menuju ke Suriah.

Kapal induk ini bersama tujuh kapal perang Rusia terekam kamera saat melintas di lepas pantai Norwegia pada Senin (17/10/2016) dalam pelayaran menuju ke Laut Tengah.

Sebelum tiba di Laut Tengah, armada ini diperkirakan bakal melintas di Laut Utara lalu ke perairan Inggris dan Selat Channel sebelum mengarah ke selatan.

Dalam foto yang diambil di Norwegia itu, di geladak Admiral Kuznetzov terdapat jet-jet tempur, pesawat pengintai, helikopter serta rudal-rudal penjelajah yang akan digunakan untuk mendukung pasukan pemerintah Suriah.

Markas Gabungan Norwegia mengatakan, armada Rusia itu dibayangi sebuah fregat angkatan laut negeri itu saat berlayar di perairan internasional.

Juru bicara militer Norwegia, Mayor Elisabeth Eikeland kepada AFP mengatakan, armada Rusia itu tidak melakukan provokasi saat melintas di perairan negeri Skandinavia tersebut.

Kapal induk Admiral Kuznetzov dikawal kapal perang Pyotr Veliky, kapal perusak Admiral Kulakov dan Severomorsk serta beberapa kapal logistik.

Iring-iringan kapal perang ini merupakan bagian dari Armada Utara Rusia. Demikian keterangan dari Kementerian Pertahanan di Moskwa.

Sementara itu, harian Nezavisimaya Gazeta mengklaim armada angkatan laut Rusia yang berlayar di wilayah utara Eropa ini adalah yang terkuat selama dua tahun terakhir.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com