Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Bangun Hanggar Pesawat di Tiga Pulau di Laut China Selatan

Kompas.com - 09/08/2016, 12:27 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com – Foto-foto satelit terbaru memperlihatkan, China telah membangun hanggar pesawat di tiga pulau sengketa di Laut China Selatan (LCS).

Kantor berita Reuters, Selasa (9/8/2016), melaporkan, langkah China itu untuk memperkuat cengkeramannya di kawasan sengketa yang sebagian besar diklaimnya secara sembrono.

Lembaga kajian berbasis di Washington DC, AS, pada Senin (8/8/2016) waktu setempat mengatakan,  foto-foto satelit itu diambil pada akhir Juli lalu.

Hanggar, sebuah bangunan tertutup untuk memarkir pesawat, dibangun di pulau-pulu karang Fiery Cross, Subi, dan Mischief Reefs di gugus kepulauan Spratly.

Menurut Center for Strategic and International Studies (CSIS), hanggar itu digunakan untuk menyembunyikan sejumlah jet tempur milik Angkatan Udara China.

"Selain kunjungan singkat pesawat transportasi militer ke Fieri Cross Reef awal tahun ini, tidak ada bukti bahwa Beijing telah mengerahkan pesawat militer ke pos-pos tersebut,” kata CSIS.

“Namun,  dengan adanya percepatan pembangunan hanggar sebagai perkuatan tiga pulau itu menunjukkan bawah strateginya mungkin telah berubah," tambah CSIS.

Citra satelit terbaru muncul sekitar sebulan setelah Mahkamah Arbitrase Internasional (PCA) di Den Haag, Belanda, memutuskan bahwa China tidak berwenang mengklaim seluruh LCS.

Amerika Serikat telah mendesak China dan pengklaim lainnya untuk tidak melakukan militerisasi kepemilikan mereka di LCS.

Beijing telah dengan tegas menolak keputusan PCA dan bahkan telah berulang kali menyangkal adanya upaya militerisasi di LCS sebagaimana dituding Washington.

Telah berulangkali pula Beijing menegaskan, fasilitas yang dibangun adalah untuk kepentingan sipil dan pertahanan diri. Beijing juga mengeritik keterlibatan AS di perairan LCS.

Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Pertahanan China tidak segera dapat memberikan keterangan terkait pembangunan hanggar tersebut.

Namun, CSIS mengatakan, hanggar mengindikasikan adanya penguatan struktural oleh China di LCS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com