Kompas.com - 22/07/2016, 16:50 WIB
EditorPascal S Bin Saju

BEIJING, KOMPAS.com - Pesawat Air Koryo dari Korea Utara mendarat darurat di Shenyang, kota di China timur laut akibat kebarakan, Jumat (22/7/2016).

Menurut kantor berita China, Xinhua, pesawat membawa 140 penumpang itu sedang terbang dari Pyongyang, ibu kota Korut menuju Beijing, ibu kota China.

Pesawat terpaksa dialihkan karena terbakar sehingga harus mendarat darurat di Shenyang. Tidak ada laporan terinci dan bagian mana pesawat yang terbakar.

Akibat ketatnya seleksi informasi dari pihak terkait, juga tidak ada laporkan tentang kondisi penumpang dan seberapa jauh pesawat itu harus mendapat perbaikan di Shenyang.

Air Koryo selama empat tahun berturut-turut hingga 2015 telah dijuluki sebagai maskapai terburuk di dunia oleh organisasi pemeringkat bandara Skytrax.

Maskapai dari Korut itu, yang masih menggunakan pesawat bekas peninggalan Uni Soviet,  mendapatkan hanya satu dari lima bintang. Air Koryo memiliki 18 pesawat produksi tahun 1960-an.

Ketatnya embargo  dan boikot internasional terkait program nuklir Korut, telah menyebabkan modernisasi dan perawan pesawat tua Air Korya tidak bisa berjalan dengan baik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.