Kompas.com - 12/05/2016, 19:24 WIB
EditorErvan Hardoko

SYDNEY, KOMPAS.com — Seekor kodok yang tampaknya seakan memiliki penis berukuran sangat besar membingungkan para netizen. Namun, para pakar hewan memecahkan misteri ini.

Foto kodok unik ini diunggah ke dunia maya oleh pria Australia, Keith Leech, pada 4 Mei lalu. Dalam foto itu, kodok tersebut tampak memiliki kelamin jantan berukuran jumbo.

Namun, para pakar dunia hewan memberi penjelasan soal fenomena ini. Mereka mengatakan, kodok tak memiliki penis sehingga yang terlihat seperti penis itu kemungkinan besar adalah sebuah kaki.

"Itu bukan penis. Kodok tak memiliki penis. Namun, penis memang berevolusi dari 'kaki' dalam perkembangan embrio sehingga itu kemungkinan adalah sebuah kaki tambahan," kata Gerry Marantelli dari Pusat Penelitian Hewan Amfibi Australia kepada Buzzfeed News.

Pada kodok jantan, lanjut Marantelli, organ reproduksi adalah sepasang testis dengan organ tambahan seperti kloaka, sebuah rongga di ujung jalur pencernaan.

Karena kodok tak memiliki penis, sperma dikeluarkan dari kloaka langsung ke arah sel telur saat kodok betina mengerami telurnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Mirror
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.