Kompas.com - 15/04/2016, 13:31 WIB
EditorErvan Hardoko

SEOUL, KOMPAS.com - Rencana Korea Utara meluncurkan misil balistik jarak menengah Musudan di hari ulang tahun mendiang Kim Il Sung, Jumat (15/4/2016), menemui kegagalan.

Kegagalan ini merupakan pukulan berat bagi Pyongyang setelah sebelumnya sukses dengan uji coba misil dan senjata nuklirnya.

Misil itu hilang dari radar hanya beberapa detik setelah diluncurkan dan diyakini meledak di udara. Demikian seorang pejabat intelijen Korea Utara sepeti dikutip kantor berita Yonhap.

"Kami meyakini peluncuran itu telah gagal," ujar seorang pejabat Kemenhan AS.

Hari ulang tahun mendiang Kim Il Sung, pendiri Korea Utara dan kakek dari Kim Jong Un, adalah hari libur penting di negeri itu.

Peringatan hari kelahiran Kim Il Sung itu biasanya diwarnai berbagai kegiatan termasuk parade militer besar-besaran.

Korea Utara diyakini memiliki sejumlah misil jarak pendek dan menengah yang sudah menjalani uji coba. Namun, negeri itu belum pernah menguji Musudan yang bisa mencapai sasaran dalam jarak antara 2.500 hingga 4.000 kilometer.

Dengan kemampuan ini maka Musudan bisa mencapai sasaran di seluruh wilayah Korea Selatan dan Jepang hingga ke pangkalan militer AS di Guam.

Misil Musudan ini pertama kali dipamerkan pada parade militer di Pyongyang pada Oktober 2010 dan disebut sebagai misil buatan dalam negeri Korea Utara.

Sejumlah analis mengatakan, misil Musudan ini merupakan modifikasi dari misil R-27 buatan Rusia dan juga menggunakan teknologi rudal legendaris, Scud.

Ditempatkan di landasan peluncuran mobil, Musudan bisa disiapkan dan ditembakkan dari peluncurnya dalam waktu hanya 15 menit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.