Kompas.com - 13/04/2016, 09:00 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

MELBOURNE, KOMPAS.com — Seorang lelaki berusia 36 tahun di Melbourne, Australia, menurunkan berat badannya hingga 31 kilogram dalam 100 hari hanya dengan mengonsumsi kentang.

Selain berat badan, seperti diberitakan dalam laman UPI.com, pria bernama Andrew Flinders Taylor juga mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darahnya.

Sebelumnya, pada awal Januari 2016 lalu, saat berat badannya 151,7 kilogram, Andrew mengumumkan niatnya untuk hanya memakan kentang putih dan kentang manis selama 366 hari ke depan.

Dia mengaku melakukan aksi ini untuk meningkatkan kualitas kesehatannya. Setelah 100 hari, berat badannya tercatat 119,6 kilogram.

Andrew mengaku, diet ketat yang dilakukannya ini dibarengi dengan aktivitas olahraga selama enam hari dalam sepekan. Hal itulah yang menjadi kunci penurunan berat badan dan berkurangnya kadar kolesterol-nya. 

"Tingkat asam urat sedikit terangkat, tetapi saya tidak khawatir tentang itu. Hal itu umum dialami pada orang-orang yang cepat menurunkan berat badan," kata dr Malcolm Mackay dalam video tentang Andrew itu.

"Secara umum, tidak ada hal khusus yang harus dikhawatirkan jika melihat kondisi dia," kata Malcolm lagi.

Sementara itu, dr Joanna McMillan, seorang ahli kesehatan, mengatakan, diet yang dilakukan Andrew dapat menghasilkan konsekuensi negatif, yang belum disadari oleh dokter yang menanganinya.

"Dokter biasanya hanya mengecek kadar kolesterol dalam darah, tekanan darah, dan kadar gula," kata Joanna kepada 9news.com.au.

Menurut Joanna, indikator-indikator itu tak akan memberikan gambaran yang sempurna tentang hal-hal yang terjadi di dalam tubuh manusia. 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.