Kompas.com - 22/02/2016, 06:00 WIB
EditorErvan Hardoko

CANBERRA, KOMPAS.com - Seekor kanguru albino yang langka telah menjadi bintang di media sosial sosoknya terekam kamera di kawasan Big Bend, Sungai Murray, Australia Selatan.

Binatang albino biasanya memiliki masa hidup lebih pendek, karena warnanya bulunya yang terang menjadikan mereka mudah menjadi mangsa hewan pemangsa.

Kulit mereka yang putih juga membuat binatang tersebut sering terbakar sinar matahari, dan terkena kanker kulit.

Selain itu  karena adanya kelainan genetis, para hewan albino ini sering mengalami kesulitan pendengaran dan penglihatan, sehingga akan bereaksi lambat bila diserang.

Foto kanguru langka tersebut diambil oleh Rosemary Faehrmann, yang kemudian memuatnya di akun Facebook milik sebuah perusahaan pembuatan rumah sungai.

"Saya keluar dengan cepat dari mobil saya dan kanguru ini berhenti dalam waktu bersamaan dan melihat ke arah sepertinya untuk memastikan apakah kami mengejarnya," kata Faehrmann .

"Saya berdiri selama satu menit dan mengambil beberapa gambar, dan kemudian kanguru itu berlari lagi ke arah menjauh sepanjang pagar," lanjut dia.

Gambar ini sekarang sudah di-share sebanyak 7.000 kali dan sudah mendapatkan 8.000 likes sejak pertama kali dimuat awal bulan Februari.

"Luar biasa sambutannya, di halaman kami, jumlah reach-nya sudah lebih dari 100 juta, dan Komisi Pariwisata Australia Selatan juga sudah memuat juga foto ini di halaman mereka di Australia Selatan, dan juga di Inggris, Jerman dan India." tambahnya.

Faehrmann mengatakan hampir tiap hari dia menjumpai kanguru namun belum pernah melihat kanguru putih sebelumnya.

"Ada beberapa tersebar di taman nasional seperti di Bordertown, Cudlee Creek, tempat dimana mereka dilindungi sehingga bisa bertahan hidup lebih lama. Di alam bebas, mereka lebih susah bertahan hidup."

"Jadi melihat mereka di alam liar merupakan hal yang jarang terjadi."

"Saya senang bisa melihatnya, dan merasa bahwa orang lain pasti juga akan berpikiran serupa." kata Faehrmann.

 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.