Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berlian Berkadar 404 Karat Ditemukan di Angola

Kompas.com - 17/02/2016, 06:30 WIB
LUANDA, KOMPAS.com - Sebuah berlian raksasa, yang diyakini sebagai salah satu yang terbesar di dunia, ditemukan di wilayah selatan Afrika.

Para petambang sebuah perusahaan Australia menemukan sebongkah berlian putih yang sempurna di daerah terpencil provinsi Lunda Norte, Angola.

Batu mulia itu diperkirakan memiliki kadar 404 karat dan memiliki nilai hingga 10 juta poundsterling atau sekitar Rp 193,6 miliar. Demikian pernyatan perusahaan berlian Lucapa.

Pemimpin perusahaan Miles Kennedy kepada ABC Australia mengatakan berlian itu adalah yang terbesar yang pernah ditemukan di Angola.

"Kami belum pernah menilai berlian 400 karat, namun jika melihat berlian lain yang sedikit lebih kecil, maka harganya bisa mencapai 10 juta poundsterling," ujar Kennedy.

Berlian itu berukuran panjang 7 sentimeter yang mengalahkan rekor sebelumnya berlian "Angolan Star", berlian berkadar 217 karat yang ditemukan pada 2007.

Tahun lalu, sebuah berlian dengan kadar 1.111 karat ditemukan di sebuah tambang di Bostwana. Berlian ini adalah yang terbesar dalam satu abad terakhir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com