Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumlah Pengungsi di Eropa Tembus 1 Juta Orang

Kompas.com - 22/12/2015, 21:08 WIB
KOMPAS.com — Jumlah migran yang menyeberang ke Eropa, baik melalui darat maupun laut, menembus satu juta orang. Demikian kata Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM), Selasa (22/12/2015).

Jumlah tersebut dicapai pada Senin (21/12/2015) ketika IOM mencatat jumlah migran yang masuk benua ini mencapai 1.005.504 orang, yang mencakup orang-orang yang masuk ke Eropa melalui enam negara, yaitu Yunani, Bulgaria, Italia, Spanyol, Malta, dan Siprus.

Mereka rata-rata berasal dari Suriah, Irak, dan Afganistan.

Sebagian besar masuk ke Eropa melalui Turki yang kemudian menggunakan Yunani sebagai pintu masuk ke Eropa.

Dari jumlah tersebut, 455.000 di antaranya berasal dari Suriah, sementara jumlah pendatang dari Afganistan sekitar 186.000 orang.

Pengetatan perbatasan

IOM juga mencatat 3.695 orang tewas atau hilang ketika berupaya memasuki Eropa.

Jika dibandingkan dengan tahun lalu, migran yang masuk ke Eropa pada 2015 mengalami peningkatan empat kali lipat, yang membuat beberapa negara anggota Uni Eropa mengetatkan perbatasan, termasuk dengan mendirikan pagar, padahal ada aturan bebas perbatasan di organisasi kerja sama regional tersebut.

Pekan lalu, Uni Eropa menandatangani kerja sama dengan badan perbatasan Frontex untuk menempatkan lebih banyak petugas di Yunani, salah satu pintu masuk utama migran ke Eropa.

Biasanya, begitu masuk ke Yunani, para pendatang meneruskan perjalanan ke utara melalui negara-negara Balkan dan kemudian masuk ke Eropa barat.

Namun, sekarang Macedonia tidak memberi akses masuk orang-orang yang bukan berasal dari zona perang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com