Kompas.com - 20/11/2015, 11:02 WIB
EditorTri Wahono

KOMPAS.com — Berlian berkualitas terbesar kedua dunia telah ditemukan di Botswana, Afrika. Demikian kata perusahaan Lucara Diamond.

Batu 1.111 karat tersebut ditemukan di tambang Karowe, sekitar 500 km arah utara ibu kota Gaborone.

Ini adalah berlian terbesar yang pernah ditemukan di Botswana dan temuan terbesar dalam waktu lebih dari seabad.

Berlian Cullinan 3.106 karat ditemukan di Afrika Selatan pada tahun 1905 dan dipotong menjadi sembilan batu terpisah. Sebagian besar ditempatkan di British Crown Jewels.

"Arti penting penemuan batu permata berkualitas lebih dari 1.000 karat, yang terbesar di dunia dalam lebih seabad tidak bisa dipandang dibesar-besarkan," kata William Lamb, pimpinan Lucara Diamond, produser berlian Kanada.

Lucara mengatakan, dua berlian putih luar biasa lainnya, yakni 813 karat dan 374 karat, juga ditemukan di tambang Karowe.

"Saya benar-benar kehilangan kata-kata. Ini adalah minggu yang menakjubkan bagi Lucara dengan penemuan terbesar kedua dan berlian berkualitas permata terbesar keenam," kata Lamb.

Botswana adalah produser berlian terbesar dunia dan perdagangan ini menjadikannya negara berpenghasilan menengah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.