Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PM Perancis: Kelompok Teroris Bisa Lancarkan Serangan Kimia

Kompas.com - 19/11/2015, 18:51 WIB
PARIS, KOMPAS.com — Perdana Menteri Manuel Valls memperingatkan bahwa Perancis menghadapi bahaya serangan senjata kimia atau biologi dari kelompok teroris.

Hal ini disampaikan Valls di depan parlemen yang bersidang, Kamis (19/11/2015), untuk mengambil suara perpanjangan situasi darurat di Perancis sesudah serangan di Paris pada pekan lalu.

Ia juga menyerukan agar Eropa mengadopsi langkah keamanan dengan berbagi informasi penumpang pesawat sebagai jalan peningkatan keamanan bersama.

Belgia

Sementara itu, polisi Belgia melakukan razia terhadap enam rumah di sekitar ibu kota Brussels, yang terhubung dengan para penyerang di Paris, Bilal Hadfi dan Salah Abdeslam.

Juru bicara kejaksaan federal, Eric Van Der Sypt, memastikan razia terjadi di Jette dan Molenbeek.

Stasiun TV Belgia, RTBF, melaporkan, pencarian itu terhubung dengan Bilal Hadfi, warga Perancis yang tinggal di Belgia, yang merupakan salah satu pelaku bom bunuh diri di Paris.

Satu operasi pencarian lagi dilakukan di distrik Laeken, yang disebut terkait dengan Salah Abdeslam, salah seorang pelaku penyerangan di Paris yang masih belum tertangkap.

Namun, Van der Sypt menyatakan, razia itu terpisah dari penyelidikan resmi terhadap penyerangan di Paris.

Ia mengatakan, razia itu "telah lama direncanakan" oleh pihak berwenang Belgia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com