Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tersesat di Kota Terlarang, Turis Lansia Jalan Kaki Sejauh 100 Km

Kompas.com - 28/10/2015, 15:35 WIB
BEIJING, KOMPAS.com — Yu (73), seorang turis asal Provinsi Zhejiang, terpisah dari kelompoknya dan tersesat di kota terlarang di Beijing. Dia berencana pulang sendirian ke rumahnya dari Beijing ke Zhenjiang yang berjarak 1.500 kilometer.

Pria lansia itu memanfaatkan matahari sebagai petunjuk arah menuju rumahnya. Namun, baru saja menempuh jarak 100 kilometer, pria tersebut ditemukan otoritas setempat.

Saat ditemukan, Yu dalam keadaan kelelahan dan kelaparan. Dia hanya punya sedikit uang untuk membeli makanan sehingga ketika uang habis dia mulai kelaparan. Selain itu, dia juga dalam kondisi sangat kebingungan.

Menurut media Sohu dikutip Shanghaiist, pensiunan asal Zhejiang itu kurang terdidik dan kesulitan membaca serta menulis. Selain itu, Yu juga menggunakan bahasa dengan dialek khas kampungnya di desa Ru'ian serta kesulitan memahami bahasa standar Putonghua sehingga dia tidak bisa bertanya kepada orang lain.

Yu juga memang dicari oleh keluarganya setelah dikabarkan hilang. Namun, upaya pencarian tak membuahkan hasil.

Saat ditemukan oleh otoritas di Beijing, Yu tak membawa kartu identitas dan tak tahu nomor kontak keluarganya. Namun, sebuah keajaiban, Yu akhirnya bisa dipertemukan dengan keluarganya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com