Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Kirim Bantuan 57 Ton untuk Korban Gempa di Nepal

Kompas.com - 03/05/2015, 08:56 WIB
Abba Gabrillin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Indonesia mengirimkan bantuan tahap kedua dan ketiga bagi korban gempa bumi di Nepal. Jumlah bantuan yang beratnya mencapai 57 ton tersebut merupakan bentuk kerja sama penanganan bencana antara Indonesia dan Nepal.

"Ini melengkapi komitmen bantuan kemanusiaan yang disampaikan Presiden Joko Widodo bagi bangsa Nepal. Ini adalah salah satu ekspresi nyata solidaritas Asia-Afrika yang baru saja digaungkan kembali oleh Presiden," kata Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Sabtu (2/5/2015).

Bantuan dikirim dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia A330 dan pesawat Hercules C-130 milik TNI Angkatan Udara. Kedua pesawat tiba di Bandara Internasional Khatmandu, Sabtu.

Salah satu bentuk bantuan kemanusiaan yang dibawa oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) adalah tenda rumah sakit berukuran besar yang dilengkapi peralatan operasi dan pendingin udara. Fasilitas tersebut akan sangat dibutuhkan untuk merawat korban luka akibat bencana.

Kedua pesawat itu juga membawa 30 personel dari berbagai instansi pemerintah dan 15 sukarelawan yang dikoordinasikan BNPB.  Tenaga dukungan yang baru tiba ini akan memperkuat 15 orang tim medis yang sudah tiba lebih dahulu pada pengiriman bantuan tahap pertama.

Selanjutnya, BNPB akan mengkoordinasikan bantuan kemanusiaan Indonesia bagi Nepal di bawah Tim Merah Putih. Seluruh relawan dan organisasi sosial kemanusiaan yang ikut mengirimkan tim ke Nepal diharapkan untuk bergabung dengan tim BNPB, agar upaya yang dilakukan bersama bisa mencapai hasil yang maksimal.

Gempa berkekuatan 7,9 mengguncang Nepal pada Sabtu siang pekan lalu. Hingga Rabu malam, Kepolisian Nepal menyebut korban tewas akibat gempa dahsyat yang menghantam negeri Himalaya itu telah mencapai 5.489 orang. Selain itu, sedikitnya 10.000 orang lainnya menderita luka-luka serta 8 juta orang lainnya terkena dampak gempa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com