Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seorang Anak Tewas Setelah Ikut Terapi Tamparan

Kompas.com - 02/05/2015, 04:05 WIB

KOMPAS.com - Kepolisian Australia menyelidiki kematian seorang anak berusia tujuh tahun setelah mengikuti terapi pengobatan 'tamparan' oleh seorang pengobat alternatif dari Tiongkok.

Aidan Fenton dari Sydney, yang dilaporkan menderita kencing manis, ditemukan dalam keadaan tidak sadar di sebuah hotel di pinggiran kota, awal pekan ini.

Dia dan ibunya mendatangi bengkel kerja tentang pengobatan alternatif yang digelar Xiao Hongchi, dengan biaya sekitar AU$1.800 atau sekitar Rp 16 juta selama sepekan.

Laporan-laporan menyebutkan polisi antara lain menyelidiki apakah dia berhenti menggunakan insulin.

Xiao Hongchi -yang menyewa tempat di sebuah pusat kesehatan- sudah diwawancarai polisi dan sudah meninggalkan Australia, seperti dilaporkan koran Sydney Morning Herald.

Juru bicara kepolisian mengatakan, petugas kesehatan sempat memberikan CPR kepada anak tersebut di tempat kejadian namun tidak berhasil dan media meninggal dunia.

Adapun Xiao -mantan bankir- mempromosikan praktik paida lajin, sebuah terapi yang melibatkan 'tamparan dan peregangan' untuk mengeluarkan racun dari tubuh manusia.

"Tamparan dan peregangan bekerja sama untuk membersihkan lingkaran hambatan serta membantu tubuh untuk mengatasi penyakit," jelasnya kepada surat kabar The Hindu, bulan lalu.

Dia mengatakan praktik yang diajarkan kepadanya oleh seorang bhiksu Tao sudah berhasil 'menyembuhkan' beberapa penyakit di bengkel kerjanya, seperti kencing manis dan darah tinggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com