Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Edward Snowden Incar Suaka Politik di Swiss

Kompas.com - 08/03/2015, 00:38 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com - Buronan pembocor dokumen intelijen AS, Edward Snowden, Sabtu (7/3/2015), mengatakan dia akan senang apabila mendapatkan suaka di Swiss.

Snowden mengatakan keinginannya itu melalui video yang terhubung ke sebuah panel diskusi di Jenewa, Swiss.  Saat ini Snowden tinggal di Moskwa, Rusia sejak melarikan diri dari Amerika Serikat dua tahun lalu.

"Saya senang dapat kembali ke Swiss. Saya memiliki kenangan manis dengan kota Jenewa," katanya merujuk pengalamannya bekerja di kota itu dalam sebuah penugasan oleh CIA.

"Saya pikir Swiss akan menjadi semacam pilihan politik yang paling masuk akal karena memiliki sejarah netralitas," katanya.

Menurutnya, dia telah meminta suaka di 21 negara, sebagian besar di Eropa Tengah dan Timur, namun tidak ada yang menyetujuinya. Dia menuduh ini tidak terlepas dari "campur tangan politik" AS.

Campur tangan AS

Snowden meninggalkan AS setelah melakukan pencurian data pemerintah dan memberikan informasi rahasia kepada media pada 2013 lalu. Pernyataannya kemudian menjadi berita besar.

Mantan pegawai Badan Keamanan Nasional (NSA) AS ini dipuji para pegiat hak asasi, namun AS menuduh Snowden menghancurkan kepentingan nasional dan keamanan negara.

Kasus pembocoran NSA oleh 'orang dalam' belum terjadi terjadi sebelumnya dalam sejarah perjalanan lembaga tersebut.

Pada Mei 2014, Menteri Luar Negeri AS John Kerry mengatakan Snowden adalah buronan seharusnya "bersikap ksatria" dan kembali pulang ke AS.

Menanggapi hal ini, Snowden mengatakan, AS tidak pernah menjanjikan adanya jaminan peradilan yang adil jika dia kembali ke AS. Snowden melarikan diri dari AS lewat Hong Kong pada bulan Mei 2013.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com