Kompas.com - 15/12/2014, 23:57 WIB
|
EditorPalupi Annisa Auliani

SYDNEY, KOMPAS.com -- Seorang lelaki bersenjata memasuki sebuah kafe di Sydney, Australia, pada jam sibuk, Senin (15/12/2014) pagi. Dia lalu menyandera sejumlah orang di dalam kafe itu. Selanjutnya adalah jam-jam krisis.

Lima orang bisa meloloskan diri dari penyanderaan. Namun, beberapa orang yang jumlah tepatnya tak diketahui, masih ada di dalam kafe tersebut.

Malam pun datang. Selama seharian, belum ada laporan tentang jumlah sandera yang terluka atau motif dari penyanderaan itu. Kemunculan bendera hitam dengan huruf Arab di jendela kafe, memunculkan kekhawatiran bahwa serangan teror sedang terjadi.

Kepolisian Australia (AFP) menyatakan penyanderaan telah berakhir, menjelang tengah malam. Ini kronologi dari jam-jam selama penyanderaan tersebut:

09.45
Polisi mendapat telepon yang mengabarkan dugaan perampokan bersenjata di Lindt Chocolat Cafe, di Martin Place, Sydney. Lokasi ini merupakan plasa yang sibuk di pusat kota.

10.10
Televisi Australia menyiarkan gambar para sandera di dalam kafe dengan tangan di atas kepala dan merapat ke jendela. Tak berapa lama, dua sandera muncul di jendela dengan membawa sebuah bendera hitam bertulisan huruf Arab.

10.30
Polisi bersenjata memblokade areal di luar kafe. Seluruh isi gedung dievakuasi.

12.30
Perdana Menteri Australia Tony Abbott berbicara lewat televisi nasional dan menjanjikan respons penuh kepolisian atas penyanderaan yang dia sebut sebagai insiden memprihatinkan itu.

16.00
Tiga orang sandera lagi bisa meloloskan diri dari dalam kafe lewat pintu darurat dan mendatangi polisi. Satu orang menggunakan celemek kafe, kemungkinan salah satu pegawai kafe itu.

17.00
Giliran dua perempuan berlari keluar dari pintu darurat yang sama, langsung ke arah polisi. Lagi-lagi, keduanya memakai celemek kafe.

Halaman:
Baca tentang
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.