Kompas.com - 23/10/2014, 15:05 WIB
EditorErvan Hardoko
BEIJING, KOMPAS.com — Pemerintah China mengerahkan 1.200 personel militer dan sejumlah jet tempur setelah sebuah benda terbang tak dikenal melayang di dekat Bandara Beijing.

Harian China Daily mengabarkan, benda terbang tak dikenal itu adalah sebuah drone yang tengah melakukan pemetaan. Tiga orang, lanjut harian itu, ditahan terkait insiden drone ini.

Harian China Daily mengutip pejabat pemerintah, sebanyak 1.226 personel militer, 123 kendaraan, 26 radar, 2 jet tempur, dan 2 helikopter dikerahkan setelah drone itu tertangkap di layar radar.

Polisi kemudian menahan dua orang yang menerbangkan drone itu dan orang ketiga kemudian menyerahkan diri. Ketiga orang itu bekerja untuk sebuah perusahaan teknologi penerbangan dan drone berukuran 2,3 meter itu ditujukan untuk pekerjaan survei dan pemetaan.

Pemerintah China melarang jenis pesawat apa pun, berawak atau tidak, tanpa persetujuan angkatan udara, otoritas penerbangan sipil, dan biro pengendalian lalu lintas udara lokal melintas di wilayah udaranya.

Pada Juni lalu, seorang pria asal Selandia Baru sempat ditahan setelah menerbangkan drone yang dilengkapi kamera di atas kompleks "Kota Terlarang", bekas kediaman kaisar China dan kini menjadi obyek wisata terkenal, yang terletak di dekat perumahan pejabat yang sangat tertutup.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.