Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bertemu di Acara TV yang Sama, Dua Istri Presiden Afsel Bertengkar

Kompas.com - 15/09/2014, 22:24 WIB
PRETORIA, KOMPAS.com — Berpoligami memang rawan menimbulkan masalah, terutama di antara para istri. Masalah ini menimpa Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma yang diketahui memiliki enam orang istri.

Belum lama ini, dua istri sang Presiden terlibat pertengkaran saat hadir bersamaan dalam satu acara bincang-bincang yang digelar lembaga penyiaran publik, South Africa Broadcasting Corporation (SABC).

Pengelola acara sebelumnya mengirimkan dua undangan berbeda untuk istri ketiga dan keempat Presiden Zuma, yaitu Tobeka Madiba dan Bongi Ngema. Pengelola acara awalnya berharap salah satu dari istri Zuma itu akan memenuhi undangan tersebut.

Tak dinyana, kedua perempuan itu bersedia datang dalam acara yang membahas masalah jender di Afrika Selatan. Kedua istri Presiden Zuma itu datang tak bersamaan ke studio SABC di Johannesburg. Sayangnya, kedatangan kedua perempuan itu malah menjadikan acara bincang-bincang yang seharusnya menjadi ajang diskusi yang sehat berubah menjadi ajang pertengkaran kedua "ibu negara" itu.

"Pertengkaran dimulai saat (Tobeka) Madiba dan (Bongi) Ngema saling melihat di ruang redaksi di lantai tiga gedung SABC. Keduanya kemudian tak bisa menahan emosi," demikian ungkap The Guardian mengutip staf SABC yang menyaksikan pertengkaran itu.

"Sejumlah sumber mengatakan, kedua ibu negara menuduh SABC merencanakan pertemuan mereka berdua sampai direktur pemberitaan TV Jimi Matthews harus turun tangan. Salah satu istri Zuma mengancam akan menghubungi (direktur SABC) Hlaudi Motsoeneng dan meyakini SABC merancang konspirasi melawan mereka. Sungguh memalukan," ujar staf itu.

Akibat pertengkaran kedua ibu negara itu, program bincang-bincang itu harus ditunda karena Madiba dan Ngema akhirnya menolak diwawancarai, baik bersamaan maupun secara terpisah.

Kemudian, Jimi Matthews mengatakan, masalah itu dipicu buruknya komunikasi internal SABC dan lembaga penyiaran itu sudah meminta maaf secara resmi kepada kedua istri Presiden Zuma tersebut.

Presiden Jacob Zuma (72) melakukan poligami yang secara tradisional dilakukan suku Zulu. Dia sudah enam kali menikah dan saat ini secara resmi beristri empat serta memiliki 21 anak. Salah satu istrinya tewas bunuh diri pada 2000.

Mantan istrinya, Nkosazana Dlamini-Zuma, kini menjadi Ketua Uni Afrika dan berpeluang besar menjadi presiden Afrika Selatan pada masa depan.

Gaya hidup Zuma yang unik ini kerap memicu spekulasi, terutama dalam menerka istri yang akan dibawanya dalam jamuan makan malam atau kunjungan kenegaraan ke luar negeri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com