Kompas.com - 12/07/2014, 23:09 WIB
EditorErvan Hardoko
TEHERAN, KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif, Sabtu (12/7/2014), menyerukan penghentian segera serangan udara Israel terhadap Jalur Gaza yang sudah menewaskan ratusan orang itu.

Selain itu, Javad Zarif juga mengecam AS karena tidak berbuat apapun untuk mencegah aksi kekerasan yang dilakukan sekutu utamanya di Timur Tengah tersebut.

Dalam wawancara dengan stasiun televisi AS, NBC yang akan disiarkan pada Minggu (13/7/2014), Javad Zarif juga mendesak Washington agar menggunakan PBB untuk menghentikan serangan Israel.

"Sangat meneydihkan melihat terbunuhnya banyak orang," ujar Javad Zarif yang diwawancarai di Vienna, Austria itu.

"Hampir seratus orang tewas dan lebih dari 500 orang terluka di Gaza dan Amerika Serikat tidak memgambil tindakan apapun," lanjut
Zarif.

Javad Zarif menambahkan, banyak pihak mengetahui bahwa persenjataan yang digunakan Israel untuk menyerang Gaza adalah buatan AS.

"Namun kami tak melihat AS mengecam serangan itu atau menggunakan Dewan Keamanan untuk menghentikan serangan AS," ujar Zarif.

Zarif melanjutkan, dalam pandangan Iran tindakan Israel terhadap Gaza sangat membahayakan kehidupan warga sipil di wilayah Palestina itu.

"Sehingga, para anggota Dewan Keamanan PBB memiliki tanggung jawab moral dan legal untuk melakukan intervensi," tambah Zarif.

Setelah memasuki hari kelima, serangan udara Israel telah menewaskan 127 orang. Israel mengklaim serangan udara itu adalah upaya untuk menghentikan serangkaian serangan roket dari Gaza ke wilayah negeri itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.