Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebuah Kota Kecil di AS Dijual Rp 4,8 Miliar

Kompas.com - 01/07/2014, 18:47 WIB
WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Sebuah kota di wilayah barat daya negara bagian Dakota Selatan dijual dengan harga 399.000 dolar AS atau sekitar Rp 4,8 miliar.

Pemilik kota Swett saat ini, menjual kota seluas 2,5 hektar itu dengan seluruh isinya termasuk sebuah bar, sebuah rumah berkamar tiga, tiga rumah mobil dan sebuah bekas toko ban. Kota ini terletak sekitar 100 kilometer sebelah tenggara Rapid City, Dakota Selatan.

Populasi kota Swett paling tinggi tercatat 40 orang pada 1940-an saat kota itu memiliki sebuah kantor pos dan toko kelontong. Kini penduduk kota itu hanya dua orang yaitu pemilik Lance Benson dan istrinya. Penduduk kota ini menjadi tiga, jika anjing milik Lance masuk hitungan.

Lance Benson membeli Swett pada 1998. Dia kemudian menggunakan kota itu sebagai kompensasi perceraian sebelum membelinya kembali pada 2012.

Kepada harian The Rapid City Journal pekan lalu, Lance mengatakan dia ingin menjual kota itu dan fokus ke bisnis perjalanannya. Namun, jika dalam setahun kota itu tak laku dijual dalam setahun maka dia tetap akan memilikinya.

Seorang agen real estat, Stacie Montgomery mengatakan dia sudah mendapatkan banyak pembeli potensial dari California, Texas, New York dan New Jersey sejak iklan penjualan kota itu dimuat di sebuah harian lokal.

"Saya bahkan mendapatkan telepon dari sebuah rumah produksi di Rusia. Mereka ingin membuat film. Sejauh ini saya belum tahu seserius apa semua telepon ini," kata Stacie.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com