Kompas.com - 30/06/2014, 14:54 WIB
EditorJosephus Primus
KOMPAS.com - Kelompok Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS) mengklaim membentuk kekalifahan atau pemerintahan berdasarkan kepemimpinan Islam di Irak. Menurut warta Bangkok Post yang mengutip AFP  pada Senin (30/6/2014) lokasi pembentukan kekalifahan tersebut ada di Provinsi Niniveh, Irak. Kelompok ISIS menayangkan video pembentukan kekalifahan tersebut di media sosial.

ISIS mengklaim wilayah kekuasaannya dari Aleppo di Suriah hingga di Diyala, Irak. Sementara, ISIS mengatakan kalifah alias pemimpin mereka adalah Abu Bakar al-Baghdadi.

Sementara itu, pertempuran sengit masih terjadi di berbagai kawasan di Irak. Salah satunya adalah di Tikrit. Kota itu dikenal sebagai tempat kelahiran mendiang Saddam Hussein.

Pasukan pemerintah Irak sempat terpukul mundur oleh pasukan ISIS di Tikrit. Namun begitu, pasukan pemerintah bangkit kembali merebut kota tersebut. "Pasukan kami menguasai sebagian besar wilayah Tikrit,"kata penanggung jawab pasukan pemerintah Irak di Tikirt Letnan Jenderal Qassem Atta.

Hingga berita ini diunggah, belum ada informasi lengkap soal pergerakan ISIS usai klaim tersebut. Sementara, potensi pecah perang masih bisa terjadi di Tikrit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.