Kompas.com - 22/06/2014, 01:23 WIB
EditorErvan Hardoko
MOSKWA, KOMPAS.com - Presiden Rusia Vladimir Putin, Sabtu (21/6/2014), memerintahkan pasukan Rusia di wilayah tengah negeri itu siaga perang dan menggelar latihan lintas udara. Perintah ini dikeluarkan sehari setelah Ukraina memerintahkan gencatan senjata dengan pasukan milisi pro-Rusia.

Perintah siaga perang itu meliputi distrik militer wilayah tengah yang trmasuk kawasan Volga dan pegunungan Ural, namun tidak mencapai wilayah Rusia barat yang berbatasan dengan Ukraina.

Menteri Pertahanan Rusia, Sergei Shoigu mengatakan perintah siaga perang ini berlaku selama sepekan hingga Sabtu mendatang.

"65.000 prajurit terlibat dalam latihan perang yang berbarengan dengan perintah siaga perang ini," kata Kepala Staf Militer Rusia, Jenderal Valery Gerasimov.

Selain itu, lanjut Gerasimov, beberapa ribu pasukan anggota divisi lintas udara akan dipindahkan dari sebuah kota yang terletak 200 kilometer sebelah timur Moskwa ke pegunungan Ural.

Sementara itu, Presiden Ukraina Petro Poroshenko, Jumat (20/6/2014), memerintahkan pasukannya menghentikan sementara operasi militer selama sepekan sebagai langkah awal sebuah rancana perdamaian yang diharapkan bisa mengakhiri pertempuran yang sudah menewaskan ratusan orang itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.