Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/06/2014, 20:16 WIB
EditorErvan Hardoko
TEHERAN, KOMPAS.com — Sebanyak 5.000 warga Iran bersumpah untuk mempertahankan situs-situs suci Syiah di Irak dari serbuan kelompok militan Sunni yang mengobarkan perang terhadap Pemerintah Baghdad. Demikian sebuah laporan mengatakan, Selasa (17/6/2014).

Sumpah itu diucapkan lewat situs harimshia.org yang diluncurkan sebuah kelompok yang menamakan diri Markas Besar Pertahanan Tempat Suci Syiah, demikian dilaporkan situs berita Tabnak.

"Bagi mereka yang mendaftarkan diri akan dimasukkan ke dalam unit-unit dan saat perintah diberikan oleh pemimpin tertinggi Ayatollah Ali Khamenei, mereka akan berangkat ke Irak untuk melindungi tempat-tempat suci," demikian laman harimshia.org.

Situs itu menambahkan, para sukarelawan dapat mendaftarkan diri ke situs harimshia.org lewat pesan singkat.

Keinginan warga Iran membantu Pemerintah Irak ini menyusul seruan seorang ulama Syiah ternama Ayatollah Ali al-Sistani yang mengajak warga Irak untuk mengangkat senjata untuk melawan kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Iran, yang mayoritas penduduknya memeluk Syiah, adalah pendukung pemerintahan PM Irak Nuri al-Maliki, seorang politisi Syiah yang pernah mengasingkan diri di Iran saat Saddam Hussein berkuasa di Irak.

Sebelumnya, pada akhir pekan lalu, Presiden Iran Hassan Rohani mengatakan, Iran siap membantu Pemerintah Irak jika diminta. Namun, sejauh ini belum ada permintaan bantuan secara resmi dari Irak.

Di Irak terdapat sejumlah tempat-tempat suci Irak misalnya di Najaf dan Karbala, di sebelah selatan Baghdad serta di kota Karbala. Sejauh ini ISIS mencoba merebut kota Karbala, tetapi belum membuahkan hasil.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.